Panduan Penilaian untuk Jenjang SMP/MTs
Hasil monitoring dan evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013 tingkat SMP pada 2014 menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 adalah dalam melaksanakan penilaian. Sekitar 60% responden pendidik menyatakan, mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan, dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Kesulitan utama yang dihadapi pendidik: merumuskan indikator, menyusun butirbutir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik. Selain itu, banyak di antara pendidik yang kurang percaya diri dalam melaksanakan penilaian keterampilan. Mereka belum sepenuhnya memahami bagaimana menyusun instrumen dan rubrik penilaian keterampilan. Kesulitan lain yang banyak dikeluhkan pendidik berkaitan dengan penulisan deskripsi capaian aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Di samping itu, sejumlah pendidik mengaku bahwa mereka belum percaya diri dalam mengembangkan butirbutir soal pengetahuan. Mereka kurang memahami bagaimana merumuskan indikator dan menyusun butirbutir soal untuk pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif yang dikombinasikan dengan keterampilan berpikir tingkat rendah hingga tinggi.
Satuan pendidikan mengalami kesulitan dalam menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), merumuskan kriteria kenaikan kelas, dan kriteria kelulusan peserta didik. Permasalahan lain yang sering muncul adalah penetapan KKM dan secara teknis menerapkannya pada setiap Kompetensi Dasar (KD) sebagai kompetensi minimal untuk selanjutnya menjadi KKM mata pelajaran. Di samping itu, pendidik mengalami kesulitan dalam menentukan nilai hasil remedial berkaitan dengan KKM.
Memperhatikan permasalahan-permasahan di atas, perlu disusun Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Pertama (SMP). Panduan penilaian ini diharapkan dapat memudahkan pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaporkan serta memanfaatkan hasil penilaian baik aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan.
Dalam Panduan Penilaian untuk Jenjang SMP/MTs ini dilengkapi dengan lampiran-lampiran serta juga dijelaskan poin perpoin. Berikut ini adalah daftar isinya
1. PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan Penyusunan Panduan
C. Ruang Lingkup3
D. Sasaran Pengguna Panduan
E. Landasan Hukum
2. KONSEP PENILAIAN
A. Pengertian
B. Pendekatan Penilaian
C. Prinsip Penilaian
D. Penilaian dalam Kurikulum 2013
- Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
- Model KKM
- Remedial dan Pengayaan
3. PENILAIAN OLEH PENDIDIK
A. Penilaian Sikap
- Pengertian Penilaian Sikap
- Teknik Penilaian
- Perencanaan Penilaian
- Pelaksanaan Penilaian
- Pengolahan Hasil Penilaian
- Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian9
B. Penilaian Pengetahuan
- Pengertian Penilaian Pengetahuan9
- Teknik Penilaian
- Perancangan Penilaian
- Pelaksanaan Penilaian
- Pengolahan Hasil Penilaian
- Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
C. Penilaian Keterampilan
- Pengertian Penilaian Keterampilan
- Teknik Penilaian
- Perencanaan Penilaian
- Pelaksanaan Penilaian
- Pengolahan Hasil Penilaian Keterampilan
- Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
4. PENILAIAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN
A. Pengertian
B. Lingkup
C. Bentuk Penilaian
D. Instrumen
E. Kriteria Kenaikan Kelas, dan Kriteria Kelulusan dari Satuan Pendidikan
F. Perencanaan Penilaian
G. Pelaksanaan Penilaian
H. Pengolahan, Pemanfaatan dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
Daftar Pustaka
Lampiran
- Program Tahunan.
- Program Semester
- Alokasi Waktu
- Penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
- Model Rapor Satu KKM
- Model Rapor Multi KKM
- Model Rapor SKS Satu KKM
- Model Rapor SKS Multi KKM.
Nah bagi anda yang membutuhkan Panduan Penilaian untuk Jenjang SMP/MTs bisa anda donwload pada link beikur ini
Demikian postingan Panduan Penilaian untuk Jenjang SMP/MTs semoga bermanfaat dan terima kasih telah mampir ke blog yang sangat sederhana ini.
MOHON KLIK TOMBOL SHARE DI BAWAH UNTUK DIBAGIKAN KEPADA YANG LAIN
0 Response to "Panduan Penilaian untuk Jenjang SMP/MTs"
Post a Comment
Komentarlah dengan bijak dan membangun !!!