Panduan Penilaian Untuk SD/MI revisi 2017
Pada Bulan Desember 2015, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bekerjasama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan (Pusat Penilaian Pendidikan dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan) telah menyusun dan menerbitkan Panduan Penilaian pada Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, di antaranya adalah Panduan Penilaian untuk Sekolah Dasar (SD).
Panduan penilaian tersebut dipergunakan sebagai rambu-rambu bagi para pendidik dan satuan pendidikan dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik yang meliputi penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan, juga menjadi pedoman untuk merencanakan, melaksanakan, mengolah, dan membuat laporan hasil penilaian secara akuntabel dan informatif.
Seiring dengan perkembangan, terdapat perubahan kebijakan dalam bidang pendidikan khususnya Kurikulum 2013 yang mengatur standar-standar di dalamnya, kebijakan terkait dengan penilaian antara lain:
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
- Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian Pendidikan; Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah.
Buku ini terdiri dari 5 (lima) Bab yang terperinci dengan sub bab-sub bab, diantara sekian Bab tersebut adalah :
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Ruang Lingkup
D. Sasaran
E. Dasar Hukum
BAB II KONSEP PENILAIAN
A. Pengertian
B. Pendekatan Penilaian
C. Prinsip Penilaian
D. Kriteria Ketuntasan Minimal
E. Lingkup dan Teknik Penilaian
BAB III PENILAIAN OLEH SATUAN PENDIDIKAN
A. Pengertian Penilaian
B. Lingkup Penilaian
C. Bentuk Penilaian
D. Instrumen Penilaian
E. Kriteria Kenaikan Kelas, dan Kriteria Kelulusan dari Satuan Pendidikan
F. Perencanaan Penilaian
G. Pelaksanaan Penilaian
H. Pengolahan, Pemanfaatan, dan Tindak Lanjut Hasil Penilaian
BAB IV PERENCANAAN, PELAKSANAAN, DAN PENGOLAHAN
PENILAIAN OLEH PENDIDIK
A. Penilaian Sikap
B. Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
BAB V PEMANFAATAN DAN TINDAK LANJUT HASIL PENILAIAN
OLEH PENDIDIK.
A. Program Pembelajaran Remedial
B. Program Pengayaan
BAB VI PENUTUP
LAMPIRAN 1 CONTOH FORMAT RAPOR TERISI
LAMPIRAN 2 CONTOH FORMAT RAPOR KOSONG
Nah bagi anda yang membutuhkan panduan penilaian lebih lengkap untuk jenjang SD/MI yang revisi 2017 anda bisa unduh filenya pada tautan berikut
Demikian postingan Panduan Penilaian Untuk SD/MI revisi 2017 semoga bermanfaat dan semoga kita lebih semangat dan obyektif dalam memberi penilaian terhadap peserta didik kita.
0 Response to "Panduan Penilaian Untuk SD/MI revisi 2017"
Post a Comment
Komentarlah dengan bijak dan membangun !!!