Cara Cek Nomor Peserta (NOPES) UN SD/MI dan SMP/MTs

Assalamua'alaikum   Wr. Wb.

Kali ini kami coba untuk membuat sebuah artikel tentang Cara Cek Nomor Peserta (NOPES) UN SD/MI dan SMP/MTs karena sudah menjadi kebiasaan tiap tahun atau tiap mau ujian nasional banyak yang perlu di persiapkan data-data siswa atau adminitrasi UN diantaranya adalah Ijazah, KK, dan SKHUN.

Dan sudah menjadi kebiasaan kadang-kadang kita lupa atau belum yakin dengan data siswa yang ada di ijazah maupun SKHUN khususnya tentang NISN dan Nomor Peserta UN tahun kemarin, sehingga kami coba membuat artikel ini dengan harapan bisa membantu permasalahan yangh dihadapi oleh lembaga pendidikan khususnya yang berperan aktif adalah operator madrasah atau operator sekolah. Karena pengecekan nomor peserta UN bersifat online maka perlu adanya koordinasi terkait dengan Verifikasi dan Validasi Peserta Didik (verval PD) yang bertingkat dari Satuan Pendidikan, Dinas Kabupaten/Kota, Dinas Provinsi dan Pusat.

Tabel-tabel data individual peserta didik dan rangkuman data mulai dari satuan pendidikan, kab-kota, provinsi dan nasional merupakan hasil akumulasi dari proses pengelolaan DAPODIK (pengumpulan, integrasi, verifikasi-validasi, dan kompilasi).

Nomor peserta ujian nasional dari masing-masing peserta didik yang sudah memiliki NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) setelah dilakukan Verval PD ataupun telah terdaftar di aplikasi Dapodik secara keseluruhan pada suatu sekolah dapat dilihat dengan cara sebagai berikut :


  • Masukkan Username dan pasword lalu klik log in

  • Setelah muncul tampilan kelas terakhir, untuk SD kelas 6, kelas 9 untuk SMP, dan kelas 12 untuk SMA/SMK, silahkan klik pada icon “Export to PDF”, setelah proses export selesai, silahkan buka hasil unduhan tersebut dengan Excel.

  • Silahkan Cek kembali kebenaran data khususnya pada bagian Nomor Peserta UN berdasarkan SKHUN peserta didik bersangkutan. Jika ada kesalahan, silahkan perbaiki kembali data NISN peserta didik tersebut pada aplikasi Dapodik untuk sekolah dan Emis untuk Madrasah


Demikian postingan tentang Cara Cek Nomor Peserta (NOPES) UN SD/MI dan SMP/MTs  ini semoga bermanfaat dan bisa menyelesaikan salah satu permasalah yang dihadapi lembaga pendidikan atau operator. 

Wallahul Muwafiq Ilaa Aqwamith Thariq
Wassalamua'alaikum   Wr. Wb.



Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Cara Cek Nomor Peserta (NOPES) UN SD/MI dan SMP/MTs"

Komentarlah dengan bijak dan membangun !!!