PETUNJUK PENGISIAN APLIKASI E-RAPORT EMIS

Assalamu'alaikum sahabat operator semua..

Semoga dalam kondisi sehat wal afiat ya, karena operator hari ini adalah bagian dari pejuang dalam dunia pendidikan dan kali ini dihadapatkan dengan pengisian Aplikasi E-Raport Emis, semoga sukses dan tanpa ada kendala yang berarti dalam pengerjaan  pengisian Aplikasi E-Raport Emis.

Bagi anda sebagai operator yang merasa kesulitan, kali ini saya coba buatkan petunjuk Pengisian Aplikasi E-Raport Emis step by step, Silahkan simak baik-baik ya.

A. CARA MENGUNDUH DATA SISWA DAN PTK DARI EMIS VERVAL_UN
1. Masuk Laman Web emispendis.kemenag.go.id/vervalun
2. Masukkan/Ketik Nama Pengguna dan Sandi dan Klik LOGIN
3. Klik Main Menu >>> Ujian Nasional
4. Klik Unduh Data CAPESUN

5. Klik OK

6. Klik Unduh Data PTK

7. Klik OK

8. Data Unduhan dapat Di Browse di Folder Download


B. CARA MENGOPERASIKAN DEKSTOP RAPORT
Anggap Saja Aplikasi Raport Sudah Kita Unduh dalam Bentuk Rar/Zip dan Sudah Kita Ektrak padaFolder yang Kita Buat Sendiri. Langkah-langkahnya sebagai berikut!
1. Klik

2. Isi User Name dan Password >>> Klik OK

Maka akan tampil tampilan sebagai berikut!
3. Klik Menu Siswa

4. Klik … (Browse)

Maka akan Tampil seperti ini

5. Klik Data Siswa dalam bentuk Patch EMIS>>> Klik OPEN
Jika tidak ketemu coba cari di Folder Download
6. Klik Baca File

Maka Akan Tampil….Klik OK

Baca Juga >>



7. Klik Simpan Hasil Emis Jika data sudah benar dan sesuai.

Kemudian Klik Yes untuk Menyimpan.

Klik OK

8. Klik Unduh/Download Data Siswa

Klik OK

Maka akan secara otomatis data siswa tersimpan pada Folder Template di
aplikasi Dekstop dan akan mucul windows keberadaan File Excel Siswa.

9. Klik Menu PTK

10.Klik …. (Browse)

Maka Akan Tampil

11.Klik PTK dalam Bentuk Patch Emis Kemudian Klik Open

12.Klik Baca File

Klik OK

13.Klik Simpan Hasil File

Kemudian akan tampil>> lalu Klik Yes

Klik OK

Klik Unduh/Download Data PTK

Klik OK

Maka data akan tersimpan pada Folder Template di Aplikasi Dekstop secara Otomatis.

14.Klik Menu Raport K-13 / Raport KTSP (Sebagai Contoh Saya Akan Coba Mengerjakan Raport KTSP)

Hiraukan saja tab Keterampilan, Kelompok A (Umum & Wajib), dan Kelompok C, Langsung Kita Klik Tab Kelompok B (mulok dan Pengembangan Diri) jika ada penambahan Mata Pelajaran Muatan Lokal (Mulok)

Jika ingin menambahkan Mata Pelajaran Mulok KliK Row Paling Bawah Setelah Mata Pelajaran TIK
Baca Juga >>



Kemudian Ketik Manual Mata Pelajaran Mulok Yang Terdapat Pada Madrasah Masing-Masing yang Akan Di Entry Nilainya. Semisal Mata Pelajaran yang Di Masukan adalah Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)

15. Klik Tab Template KTSP (Jika KTSP) maka Muatan Lokal akan Otomatis Masuk

Untuk Manfaat dan Penggunaan Fitur yang terdapat pada Template Anda Bisa Melihat Ditelnya pada Petunjuk Pengisian yang ada Di WA ABDIMA Kemenag. Pada petunjuk ini saya hanya akan menggunakan fitur tab menu ini pada yang penting-penting saja.
a. Klik Tambah Template

Pilih Mata Pelajaran yang akan di entry dan yang tidak dientry pada Template Excel dengan cara mengklik tanda ceklist.

Isi Nama Template dengan Nama Jenjang dan Semeter Misal VII.1 Semester Ganjil, VII.1 Semester Genap, VIII.1 Sem Ganjil, VIII.1 Sem Genap, IX.1 Semester Ganjil, IX.1 Semester Genap, VII.2 Sem Ganjil, VII.2 Sem Genap dst. Namun, jika rombel pada setiap kelas hanya 1 rombel cukup Tulis dengan Nama Template VII Ganjil, VII Genap, VIII Ganjil, VIII Genap,IX. Ganjil, dan IX Genap. Tidak ada aturan khusus penamaan Template, penamaan ini hanya untuk mempermudah kita dalam penginputan Template Excel pada Aplikasi Dekstop.

Kemudian Isi Tahun Pelajaran siswa Kelas IX tersebut pada Waktu Kelas VII, Isi Semeter sesuai dengan nama Template (Misal Ganjil), Isi Kelas Sesuai Nama Template (Misal 7) Isi Rombel (Misal 1) jika rombel lebih dari 1 lanjutkan dengan rombel=2 dst. Jika rombel kelasnya hanya satu pilih 1.

Klik Simpan Template>>>>> Klik Eksoprt Template Guru>>> Klik Eksport Template Excel Mata Pelajaran.


Bersambung>>>
Masih mau ngajar dulu..
Oke lanjut lagi

Klik OK Jika ada Jendela Pemberitahuan, Maka akan Tampil Secara Otomatis pada Folder Template di Aplikasi Dekstop.
Lakukan Terus Menerus Hingga Template Kelas IX Semeter Genap.
16.Buka Excel Daftar Siswa dan Excel TPM-VII.xxxxxxxxxx pada Folder Template untuk mengisi data siswa di Excel TPM-VII.xxxxxxxxxx dengan sistem Copy-Paste. Jika Rombelnya Lebih dari satu maka masukan namanama siswa tersebut sesuai pada rombel masing masing dari kelas VII s.d IX. Langkahnya bisa di lihat pada di bawah ini.

Copas Semua data Siswa Sesuai rombelnya Masing-Masing dan Jenjangnya Masing Masing Serta Semeter Masing Masing.
17.Langkah Berikutnya Isi Nilai Mata Pelajaran dan Pengembangan Diri pada Excel TMP-Kelas Sem Sesuai Raport Siswa. Dengan Contoh Sebagai Berikut!

Untuk Kode Pengembangan I, II, da III adalah Sebagai Berikut!

Lakukan Proses Tersebut dari TMP VII Ganjil sampai Dengan TMP Genap

JikaSudah Selesai Pengisian Nilai dan Pengembangan Diri Kini Kita Copy Paste Excel Data Guru ke TMP. VII.xxxx xxxx denganlangkah sama seprti Copas Data Siswa, jangan lupa sesuaikan Mata Pelajaran dengan Guru Bidang Studynya.

18.Klik Temp-KTSP (Jika KTSP)

19.Klik …. (Browse) untuk Meng Import data TMP Nilai Excel (Nama Excel sesuai dengan nama Template di Aplikasi Dekstop.

20.Klik Excel TMP-><><><> yang sudah terisi nilai >>>> Klik OPEN

21.Klik Baca
22.Klik OK

Pastikan Tidak ada yang Gagal Di Import dengan Memeriksanya di TAB Temp Eksport
Jika Kosong Berarti sukses. Kerjakan dari TMP Kelas VIII-IX hingga Selesai
23.Klik Simpan Template

Klik OK

24.Klik IMP Guru Pada Menu Dekstop

25.Klik …. (Browse) Langkahnya Mirip dengan Import Tem. Kurikulum (KTSP/K-12)

Klik TMP Excel>>>> Klik Open

KlikBaca

26.Klik OK
Pastikan Sudah Tidak ada yang Merah/Gagal Import, dengan Mengklik TabTemp Eksport.
27.Klik Simpan Template >>>>Klik OK

Lakukan Proses Tersebut Dari TMP. Guru Kelas VII hingga Kelas IX.
28.Klik BACKUP pada Menu Aplikasi Dekstop

29.Klik BACKUP di bawah Kiri Jendela Aplikasi Desktop

30.Klik OK

31.Klik Tutup
32.Klik Keluar Pada Menu Aplikasi Desktop

Data BACKUP yang akan kita Upload pada Emis Verval_UN akan otomatis terimpan pada Folder Backup di Alikasi Desktop Raport.

Baca Juga>>
Penjelasan Aplikasi Data Emis 2017/2018
Proses VerVal Berkas Calon Sertifikasi Guru Tahun 2017
Simak Videonya

Alhamdulillah sudah selesai salah satu pekerjaan operator yang lumayan berat ini, tetap semangat dan penuh ikhlas dalam melaksanakan tugas-tugas sekolah. Dan bagi anda yang ingin panduan berupa file pdf bisa ada donwload, silahkan klik gambar dibawah ini

Demikian postingan Petunjuk Pengisian Aplikasi E-Raport Emis ini semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya di website www.guru-kita.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PETUNJUK PENGISIAN APLIKASI E-RAPORT EMIS"

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan membangun !!!