PETUNJUK PENGISIAN APLIKASI E-RAPORT EMIS
Assalamu'alaikum sahabat operator semua..
Semoga dalam kondisi sehat wal afiat ya, karena operator hari ini adalah bagian dari pejuang dalam dunia pendidikan dan kali ini dihadapatkan dengan pengisian Aplikasi E-Raport Emis, semoga sukses dan tanpa ada kendala yang berarti dalam pengerjaan pengisian Aplikasi E-Raport Emis.
Bagi anda sebagai operator yang merasa kesulitan, kali ini saya coba buatkan petunjuk Pengisian Aplikasi E-Raport Emis step by step, Silahkan simak baik-baik ya.
1. Masuk Laman Web emispendis.kemenag.go.id/vervalun
2. Masukkan/Ketik Nama Pengguna dan Sandi dan Klik LOGIN
3. Klik Main Menu >>> Ujian Nasional
5. Klik OK
6. Klik Unduh Data PTK
7. Klik OK
8. Data Unduhan dapat Di Browse di Folder Download
B. CARA MENGOPERASIKAN DEKSTOP RAPORT
Anggap Saja Aplikasi Raport Sudah Kita Unduh dalam Bentuk Rar/Zip dan Sudah Kita Ektrak padaFolder yang Kita Buat Sendiri. Langkah-langkahnya sebagai berikut!
1. Klik
2. Isi User Name dan Password >>> Klik OK
Maka akan tampil tampilan sebagai berikut!
3. Klik Menu Siswa
4. Klik … (Browse)
Maka akan Tampil seperti ini
5. Klik Data Siswa dalam bentuk Patch EMIS>>> Klik OPEN
Jika tidak ketemu coba cari di Folder Download
6. Klik Baca File
Maka Akan Tampil….Klik OK
Baca Juga >>
- Donwload aplikasi cetak NISN 2017 Gratis
- Donwload Gratis | Apilkasi SPJ BOS 2017 Lengkap dengan juknisnya
- Donwload Gratis | Aplikasi Raport K13 Jenjang MI/MTs/MA
7. Klik Simpan Hasil Emis Jika data sudah benar dan sesuai.
Kemudian Klik Yes untuk Menyimpan.
Klik OK
8. Klik Unduh/Download Data Siswa
Klik OK
Maka akan secara otomatis data siswa tersimpan pada Folder Template di
aplikasi Dekstop dan akan mucul windows keberadaan File Excel Siswa.
9. Klik Menu PTK
10.Klik …. (Browse)
Maka Akan Tampil
11.Klik PTK dalam Bentuk Patch Emis Kemudian Klik Open
12.Klik Baca File
Klik OK
13.Klik Simpan Hasil File
Kemudian akan tampil>> lalu Klik Yes
Klik OK
Klik Unduh/Download Data PTK
Klik OK
Maka data akan tersimpan pada Folder Template di Aplikasi Dekstop secara Otomatis.
14.Klik Menu Raport K-13 / Raport KTSP (Sebagai Contoh Saya Akan Coba Mengerjakan Raport KTSP)
Hiraukan saja tab Keterampilan, Kelompok A (Umum & Wajib), dan Kelompok C, Langsung Kita Klik Tab Kelompok B (mulok dan Pengembangan Diri) jika ada penambahan Mata Pelajaran Muatan Lokal (Mulok)
Jika ingin menambahkan Mata Pelajaran Mulok KliK Row Paling Bawah Setelah Mata Pelajaran TIK
Baca Juga >>
- Aplikasi Penilaian Kinerja Kepala Madrasah atau Kepala Sekolah
- Panduan Penilaian untuk Jenjang SMP/MTs
- Kisi-kisi Ujian Nasional (UN) SMP/MTs tahun 2017/2018
Kemudian Ketik Manual Mata Pelajaran Mulok Yang Terdapat Pada Madrasah Masing-Masing yang Akan Di Entry Nilainya. Semisal Mata Pelajaran yang Di Masukan adalah Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ)
15. Klik Tab Template KTSP (Jika KTSP) maka Muatan Lokal akan Otomatis Masuk
Untuk Manfaat dan Penggunaan Fitur yang terdapat pada Template Anda Bisa Melihat Ditelnya pada Petunjuk Pengisian yang ada Di WA ABDIMA Kemenag. Pada petunjuk ini saya hanya akan menggunakan fitur tab menu ini pada yang penting-penting saja.
a. Klik Tambah Template
Pilih Mata Pelajaran yang akan di entry dan yang tidak dientry pada Template Excel dengan cara mengklik tanda ceklist.
Isi Nama Template dengan Nama Jenjang dan Semeter Misal VII.1 Semester Ganjil, VII.1 Semester Genap, VIII.1 Sem Ganjil, VIII.1 Sem Genap, IX.1 Semester Ganjil, IX.1 Semester Genap, VII.2 Sem Ganjil, VII.2 Sem Genap dst. Namun, jika rombel pada setiap kelas hanya 1 rombel cukup Tulis dengan Nama Template VII Ganjil, VII Genap, VIII Ganjil, VIII Genap,IX. Ganjil, dan IX Genap. Tidak ada aturan khusus penamaan Template, penamaan ini hanya untuk mempermudah kita dalam penginputan Template Excel pada Aplikasi Dekstop.
Kemudian Isi Tahun Pelajaran siswa Kelas IX tersebut pada Waktu Kelas VII, Isi Semeter sesuai dengan nama Template (Misal Ganjil), Isi Kelas Sesuai Nama Template (Misal 7) Isi Rombel (Misal 1) jika rombel lebih dari 1 lanjutkan dengan rombel=2 dst. Jika rombel kelasnya hanya satu pilih 1.
Klik Simpan Template>>>>> Klik Eksoprt Template Guru>>> Klik Eksport Template Excel Mata Pelajaran.
Bersambung>>>
Masih mau ngajar dulu..
Oke lanjut lagi
Klik OK Jika ada Jendela Pemberitahuan, Maka akan Tampil Secara Otomatis pada Folder Template di Aplikasi Dekstop.
Lakukan Terus Menerus Hingga Template Kelas IX Semeter Genap.
16.Buka Excel Daftar Siswa dan Excel TPM-VII.xxxxxxxxxx pada Folder Template untuk mengisi data siswa di Excel TPM-VII.xxxxxxxxxx dengan sistem Copy-Paste. Jika Rombelnya Lebih dari satu maka masukan namanama siswa tersebut sesuai pada rombel masing masing dari kelas VII s.d IX. Langkahnya bisa di lihat pada di bawah ini.
Copas Semua data Siswa Sesuai rombelnya Masing-Masing dan Jenjangnya Masing Masing Serta Semeter Masing Masing.
17.Langkah Berikutnya Isi Nilai Mata Pelajaran dan Pengembangan Diri pada Excel TMP-Kelas Sem Sesuai Raport Siswa. Dengan Contoh Sebagai Berikut!
Untuk Kode Pengembangan I, II, da III adalah Sebagai Berikut!
Lakukan Proses Tersebut dari TMP VII Ganjil sampai Dengan TMP Genap
JikaSudah Selesai Pengisian Nilai dan Pengembangan Diri Kini Kita Copy Paste Excel Data Guru ke TMP. VII.xxxx xxxx denganlangkah sama seprti Copas Data Siswa, jangan lupa sesuaikan Mata Pelajaran dengan Guru Bidang Studynya.
18.Klik Temp-KTSP (Jika KTSP)
19.Klik …. (Browse) untuk Meng Import data TMP Nilai Excel (Nama Excel sesuai dengan nama Template di Aplikasi Dekstop.
20.Klik Excel TMP-><><><> yang sudah terisi nilai >>>> Klik OPEN
21.Klik Baca
22.Klik OK
Pastikan Tidak ada yang Gagal Di Import dengan Memeriksanya di TAB Temp Eksport
Jika Kosong Berarti sukses. Kerjakan dari TMP Kelas VIII-IX hingga Selesai
23.Klik Simpan Template
Klik OK
24.Klik IMP Guru Pada Menu Dekstop
25.Klik …. (Browse) Langkahnya Mirip dengan Import Tem. Kurikulum (KTSP/K-12)
Klik TMP Excel>>>> Klik Open
KlikBaca
26.Klik OK
Pastikan Sudah Tidak ada yang Merah/Gagal Import, dengan Mengklik TabTemp Eksport.
27.Klik Simpan Template >>>>Klik OK
Lakukan Proses Tersebut Dari TMP. Guru Kelas VII hingga Kelas IX.
28.Klik BACKUP pada Menu Aplikasi Dekstop
29.Klik BACKUP di bawah Kiri Jendela Aplikasi Desktop
30.Klik OK
31.Klik Tutup
32.Klik Keluar Pada Menu Aplikasi Desktop
Data BACKUP yang akan kita Upload pada Emis Verval_UN akan otomatis terimpan pada Folder Backup di Alikasi Desktop Raport.
Baca Juga>>
Penjelasan Aplikasi Data Emis 2017/2018
Proses VerVal Berkas Calon Sertifikasi Guru Tahun 2017
Simak Videonya
Alhamdulillah sudah selesai salah satu pekerjaan operator yang lumayan berat ini, tetap semangat dan penuh ikhlas dalam melaksanakan tugas-tugas sekolah. Dan bagi anda yang ingin panduan berupa file pdf bisa ada donwload, silahkan klik gambar dibawah ini
Demikian postingan Petunjuk Pengisian Aplikasi E-Raport Emis ini semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya di website www.guru-kita.com
0 Response to "PETUNJUK PENGISIAN APLIKASI E-RAPORT EMIS"
Post a Comment
Komentarlah dengan bijak dan membangun !!!