Panduan Pengisian Web UBK 2017/2018

Web UBK adalah Merupakan Media informasi dan Komunikasi bagi Sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer yang keberadaannya sejak tahun 2015 oleh Kementrian Pendidikan Nasional.

Untuk mengisi web UBK ini harus mempunyai username dan password yang didapat dari Admin UBK melalui MKKS atau koordinator wilayah, pastikan anda sudah mendapatkan User dan Password selanjutnya akan saya jelaskan langkah-langkah yang harus dikerjakan sesuai dengan tahapan sebagai berikut :

1. LOGIN
Menu Login,..anda bisa melakukan login sesuai dengan username dan password yang sudah
didapat.

Setelah login sukses akan tampil Halaman Utama We UBK seperti berikut :
Pada halaman utama ini berisi Informasi yang berhubungan dengan Semua kegiatan Ujian
Nasional Berbasis Komputer

tampilanSelanjutnya anda bisa melakukan pengisian data pada Menu yang ada di samping halaman web sebagai berikut :
Kode Sekolah = K0510xxx
xxx adalah No. Urut Sekolah
Password yang udah didapat, bisa
diganti sesuai dengan selera
Masukkan Kode pengaman sesuai

2. Menu Data Sekolah

Menu Data Sekolah berisi 3 (tiga) Hal seperti pada gambar tersebut, Yang Pertama adalah tentang Identitas dan Infrastruktur Sekolah yang akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer,

Pada Menu Identitas dan Infrastruktur terdiri dari 5 Tab Menu antara Lain :
1. Identitas Sekolah
2. Penanggung Jawab
3. Fasilitas
4. Switch
5. UPS
Dimulai dari Tab Menu Identitas Sekolah :
Jenjang                 : ...sudah jelas....
Status Sekolah      : ...sudah jelas....
NPSN                   : diisi Nomor NPSN
Nama Sekolah     : diisi Nama Sekolah
Alamat Sekolah   : diisi Alamat Sekolah
Email                   : diisi email sekolah
Provinsi               : ...sudah jelas....
Kota/Kabupaten  : ...sudah jelas....
Telepon/Fax        : diisi No. Tlp / Fax
Simulasi              : Pilih Ya
Jumlah Peserta    : diisi sesuai jml PD
~ Teknik              : diisi sesuai jml
~ Pariwisata        : diisi sesuai jml
~ Akuntansi        : diisi sesuai jml


Tab Menu Penanggungjawab :
Nama Kepala Sekolah : ...sudah jelas....
HP Kepala Sekolah : ...sudah jelas....
NIP Kepala Sekolah : ...sudah jelas....
Email Kepala Sekolah : ...sudah jelas....
Nama Proktor Utama : ...sudah jelas....
HP Proktor Utama : ...sudah jelas....
Email Proktor Utama : ...sudah jelas....
Nama Teknisi Utama : ...sudah jelas....
HP Teknisi Utama : ...sudah jelas....
Email Teknisi Utama : ...sudah jelas....


Tab Menu Fasilitas :
Pada Tab Menu Fasilitas ini adalah diutamakan Bagi Sekolah Penyelenggara saja dengan data sarana sebagai
berikut :
Jumlah Server Utama : diisi sesuai dengan jml ruang yang dibutuhkan untuk UNBK ( 1 server = max 40 Client)
Jumlah Server Cadangan : min 1
Jumlah Client : adalah = jml Peserta UNBK dibagi Jumlah Ruang UNBK
Jaringan yang digunakan : Pilih Kabel (Ada berfungsi dengan baik)
Genset : Pilih Ada ( Harus tersedia) Jaminan tidak ada pemadaman listrik selama pelaksanaan
UNBK : Pilih ada, (Minta Surat Jaminan PLN)
Jarak tempat duduk antar siswa : Pilih sesuai kondisi
Pengaturan tempat duduk dalam ruang ujian : Pilih sesuai kondisi
Ruang ujian tersedia sistem tata suara : Pilih sesuai kondisi
Ruang Ujian dilengkapi dengan pendingin (AC) : Pilih sesuai kondisi
Bersedia mengikuti topologi jaringan yang ditentukan : Pilih Ya


Tab Menu Switch :
Pada Tab Menu Switch ini diisi sesuai dengan kebutuhan dalam Pelaksanaan UNBK







Tab Menu UPS :
Pada Tab Menu UPS ini diisi sesuai dengan kebutuhan dalam Pelaksanaan UNBK







Tab Menu Koneksi Internet (ISP) :
Terdapat beberapa kolom sebagai Berikut :
Username         : diisi username sekolah
Nama Sekolah : diisi Nama Sekolah
Kontak Person : diisi Nama Kontak admin IT sekolah
HP                 : diisi No. HP admin IT Sekolah
Nama ISP         : diisi Nama Provider Langganan Internet (misal : telkom, dll)
Nomor Pelanggan   : diisi Nomor Pelanggan
Jenis Koneksi         : diisi ADSL atau Fiber
Bandwith        : diisi Besarnya BW
Satuan        : diisi mbps


Tab Menu BioData Siswa :


3. Menu Surat Kesiapan








Sebelum mengupload file surat kesiapan, pihak sekolah harus mengunduh Surat Kesiapan yang telah disediakan pada web ini dengan cara Klik Menu Download, sehingga muncul seperti gambar berikut :

Setelah diunduh kemudian diisi sesuai data sekolah seperti contoh dibawah ini :

Setelah diisi dengan benar (Perasaan Surat tinggal download aja hehehee) kemudian ditandatangani oleh kepala Sekolah, selanjutnya Discan menjadi file JPG dan diupload dengan cara kilk Menu Upload seperti Gambar berikut :

Setelah berhasil upload, kolom file Surat akan terisi seperti pada gambar berikut :

4. Menu Data Tim Teknis
Pada menu ini terdapat beberapa sub menu seperti pada gambar berikut, namun yang harus diisi adalah pada Sub
Menu Sekolah yang berisi kolom - kolom sebagai berikut :
Kode : Berisi K0510xxx
Nama Sekolah : diisi Nama Sekolah
Nama Kepala Sekolah : diisi Nama Kepala Sekolah
NIP Kepala Sekolah : diisi NIP Kasek
HP : ---sudah jelas---
Email Kepala Sekolah : ---sudah jelas---
Nama Proktor Utama : ---sudah jelas---
HP Proktor Utama : ---sudah jelas---
Email Proktor Utama : ---sudah jelas---
Nama Teknisi Utama : ---sudah jelas---
HP Teknisi Utama : ---sudah jelas---
Email Teknisi Utama : ---sudah jelas---

Bila Pada Menu Data Tim Teknis ini sudah terisi sendiri maka pihak sekolah tidak pakai mengisi.

5. Menu Simulasi II
Pada menu ini terdapat banyak submenu seperti pada gambar disamping yaitu :

  1. Penjelasan : Berisi informasi tentang Simulasi II
  2. Server dan Client : Berisi tentang rincian server dan client bagi sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara UNBK sedangkan Sekolah yang menggabung tidak mengisi kolom ini, secara detal dapat dilihat gambar dibawah ini :




Pada pengisian data server dan client ini harap memperhatikan jumlah Ruang yang dibutuhkan dalam pelaksanaan UNBK dan Jumlah Client pada setiap Ruang, setelah pengisian data server dan client selesai secara otomatis Kolom Rincian Server dan Client seperti diatas akan terisi.

3. Guru dan Sesi
Menu ini bertujuan untuk memasukkan data Guru yang diikutkan simulasi Ujian Berbasis Komputer sesuai Mata Pelajaran yang diampuh dan dikelompokkan pada Ruang dan Sesi yang disesuaikan.

4. Peserta dan Sesi
Menu ini bertujuan untuk memasukkan data Siswa yang diikutkan simulasi Ujian Berbasis Komputer sesuai Mata Pelajaran yang diujikan dan dikelompokkan pada Ruang dan Sesi yang disesuaikan sebagaimana pada gambar berikut :

Perlu diketahui data siswa diambil dari hasil upload file yang berekstensi .DZ selanjutnya dapat dilakukan pengisian pada Kolom Server / Ruang dan Kolom Sesi Pada Hari Ke... yang disesuaikan dengan jumlah siswa dibagi jumlah ruang dan sesi secara imbang.

e. Kartu Peserta
Menu ini menampilkan Kartu Peserta Simulasi untuk dicetak, didalamnya terdapat informasi data peserta simulasi seperti contoh berikut :
f. Daftar Hadir
Menu ini terdapat 2 (dua) submenu sebagai berikut :
Cetak Daftar Hadir : Menampilkan daftar hadir peserta simulasi untuk dicetak
Upload Daftar Hadir : Setelah ditandatangani oleh peserta simulasi, pengawas dan proktor UNBK, Daftar Hadir tersebut wajib di Scan dan filenya di Upload pada laman Upload daftar hadir peserta.  

g. Daftar Hadir
Menu ini menampilkan Berita Acara Pelaksanaan Simulasi untuk diisi sesuai dengan kebutuhan, setelah diisi klik Simpan selanjutnya dicetak dan ditandatangani oleh yang bertugas dan di upload lagi.

h. Daftar Nilai
Menu ini menampilkan Daftar Nilai Peserta Simulasi 

i. Jadwal Singkronisasi
Menu ini menampilkan Jadwal Singkronisasi sesuai dengan wilayah

Itulan panduan untuk pengisian web UBK bagi proktor dan teknisi, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Semoga sukses

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Panduan Pengisian Web UBK 2017/2018"

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan membangun !!!