Pedoman Teknis (Domnis) Pelaksanaan Ujian Nasional SMK 2018

Buku Domnis disusun dengan tujuan agar pihak-pihak terkait dalam pelaksanaan Ujian Akhir SMK, baik di tingkat Dinas Pendidikan Provinsi, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah maupun Satuan Pendidikan, dapat berjalan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Pedoman Teknis ini merupakan pendamping POS UN dan USBN yang diterbitkan oleh BSNP dan Juknis Pelaksanaan Uji Kompetensi keahlian (UKK) yang diterbitkan oleh DitPSMK.

Domnis ini diharapkan mampu mengakomodir semua permasalahan terkait dengan pelaksanaan Ujian Akhir SMK yang tentu sangat dinamis dan beragam. Namun, apabila masih ada permasalahan ujian yang belum terakomodasi, diharapkan saran dan masukan untuk penyempurnaannya. Besar harapan, buku Domnis Ujian Akhir SMK ini menjadi pedoman demi keberhasilan pelaksanaan Ujian Akhir SMK Tahun Pelajaran 2017/2018 di Provinsi Jawa Timur.

Ujian Nasional yang selanjutnya disebut UN adalah kegiatan pengukuran capaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan. Ujian Nasional untuk jenjang SMK di Jawa Timur secara keseluruhan sudah dilaksanakan dengan model Berbasis Komputer yang selanjutnya disebut UNBK. 

 Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yang terdiri dari Ujian Praktik Kejuruan (UPK) dan Ujian Teori Kejuruan yang dilaksanakan dalam Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) merupakan pengukuran pencapaian kompetensi peserta didik SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh. Proses pelaksanaan UPK dalam pelaksanaannya memerlukan waktu yang sangat panjang khususnya pada SMK yang terdiri dari berbagai Kompetensi Keahlian. 

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah pengukuran capaian kompetensi siswa yang dilakukan sekolah dan dilaksanakan sesuai dengan POS USBN. Demi keberhasilan pelaksanaan keseluruhan Ujian Akhir tersebut diatas maka diperlukan Pedoman Teknis (Domnis) agar pelaksanaan UN, UKK, USBN dan US dapat berjalan lancar, efektif, dan efisien. Domnis penyelenggaraan UN, UKK, USBN dan US SMK ini perlu dibuat, sebagai acuan sebagaimana ketentuan-ketentuan peraturan yang ada

Pedoman Teknis (Domnis) Pelaksanaan Ujian Nasional SMK 2018

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pedoman Teknis (Domnis) Pelaksanaan Ujian Nasional SMK 2018"

Post a Comment

Komentarlah dengan bijak dan membangun !!!